Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah 




Ketika terjadi Bibir pecah-pecah, bisa kita lihat pada celah-celah terlihat merah dan menyakitkan bahkan jika parah bisa sampai berdarah. Oleh karena itu, inilah cara sederhana untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

 1. Gunakan Lip Balm Salah satu cara melindungi bibir dari udara kering dan panas adalah dengan menggunakan lip balm. Selain bisa mencegah, lip balm juga dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. 

2. Gunakan Madu untuk Bibir Kering Sebagai alternatif lip balm, Anda bisa menggunakan madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Karena madu merupakan pelembab alami yang juga memiliki sifat anti bakteri. Oleskan madu murni pada bibir beberapa kali sehari. 

3. Hindari Menjilat Bibir Ketika bibir kering, kebanyakan orang akan membasahinya dengan air liur dengan cara menjilat bibir atau memasukkan ke dalam mulut, mungkin ini sudah naluri. Namun tahukah Anda, air liur atau saliva akan menguap dengan cepat, justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada sebelumnya dan malah akan memperparah bibir pecah-pecah.

 4. Pastikan Tubuh tidak Kekurangan Cairan Bibir kering merupakan salah satu tanda dehidrasi atau kekurangan cairan, oleh karena itu cukupilah kebutuhan cairan dengan banyak minum terlebih jika anda sering berkeringat atau ketika cuaca panas. Selain menjaga kesehatan tubuh, minum yang cukup juga dapat mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah. 

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Kekurangan vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah terutama pada sudut bibir. Tapi ingat, sebelum minum suplemen multivitamin / mineral berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

 6. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir Mengigit bibir akan menyebabkan trauma yang dapat merusak lapisan pelindung bibir, akibatnya bibir akan mudah kering bahkan pecah-pecah.

 7. Jangan Bernafas Lewat Mulut Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir, jika parah bisa sampai pecah-pecah. Jadi sebisa mungkin bernafaslah lewat hidung untuk mencegah agar bibir tidak kering.

 8. Hindari Alergen Alergen atau zat yang menyebabkan timbulnya reaksi alergi harus dihindari khusus bagi mereka yang rentan, seperti pewarna atau pewangi pada produk kosmetik. 
Mengatasi Bibir Kering dengan Ramuan Sederhana Beberapa ramuan sederhana di bawah ini bisa Anda buat dengan mudah. Meskipun begitu tergolong ampuh dalam menghilangkan bibir kering tanpa efek samping. 
1. Madu dan Vaseline Kita tahu bahwa madu memiliki sifat anti-bakteri yang menakjubkan dan merupakan salah satu agen penyembuhan terbaik. Vaseline atau petroleum jelly banyak digunakan untuk melembutkan, menyehatkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Dengan menggabungkan kedua bahan ini, maka kita akan mendapatkan ramuan yang bisa mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

  •      mengatasi bibir kering dengan madu 

Cara Membuatnya: 

  • Terapkan madu murni pada seluruh permukaan bibir.
  •  Kemudian lapisi bibir dengan Vaseline dan biarkan selama 10-15 menit. Bibir akan menyerap madu yang memiliki efek melunakkan. Coating vaseline akan memberikan hidrasi tambahan dan mencegah pengeringan.
  • Setelah 15 menit, usap madu dan vaseline menggunakan kain katun basah. 
  • Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang memuaskan

2. Mentimun Sayuran dingin ini menjadi makanan yang menyegarkan selama musim panas. Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, mentimun juga berkhasiat dalam menobati bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit sehingga mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.
          Cara Membuatnya:

  •  Iris mentimun dan gosok dengan lembut pada bibir.
  •  Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air biasa. 
  • Hal ini akan membuat bibir lembut dan lentur terhindar dari kekeringan. 

3. Scrub Bibir Menggosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit yang mati. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir terlihat dan diganti dengan sel-sel kulit baru yang sehat. Kita bisa menggunakan scrub gula untuk tujuan ini.
            Cara Membuatnya:

  •  Sediakan 2 sendok teh gula pasir, aduk dengan beberapa tetes minyak zaitun.
  •  Kemudian tambahkan ½ sendok teh madu dan aduk rata. 
  • Biarkan campuran ini selama 5 menit, sehingga gula menjadi lebih lembut. 
  • Setelah itu, terapkan seluruhnya bibir dan gosoklah secara lembut. 
  • Cuci dengan air hangat. 

4. Cream Lemon Lemon dan gula bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi bibir gelap dan pecah-pecah. Lemon bertindak sebagai pemutih alami dan madu melindungi bibir membentuk efek berbahaya dari radikal bebas. mengatasi bibir kering dengan lemon
              Cara Membuatnya:

  • Campurkan 1 sendok teh jus lemon dan madu. Tambahkan ½ sendok teh minyak jarak dan aduk rata.
  •  Terapkan pada bibir sebelum tidur setiap hari. 
  • Ulangi prosedur ini selama 10 hari untuk hasil terbaik
  • 5.  Aloe Vera Aloe vera atau lidah buaya mengandung bahan-bahan alami yang memiliki manfaat dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cara menerapkannya juga mudah. Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur, seketika Anda akan merasakan efek dingin dan menyejukkan. Baca juga manfaat lain tanaman ini: 33 Manfaat Lidah Buaya yang Terbukti Ilmiah Manfaat Lidah Buaya untuk Bibir, Wajah dan Cara Pakainya

 6. Minyak zaitun Minyak zaitun adalah pelembab alami dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal.
     Cara menerapkannya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.
Bersumber dari: 14 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah, 100% Alami - Mediskus

Komentar

Posting Komentar